Lasiana

Tiba-tiba saya teringat suatu siang yang terik di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Kupang. Saya mengunjungi Lasiana, pantai paling terkenal di kota sasando itu. Dengan norak dan terkesima saya memandangi lautan, memandangi langit, memandangi orang-orang yang mandi di laut, yang sekedar duduk di pasir, yang berjalan dengan kaki telanjang menyusuri bibir pantai, atau yang hanya berdiri terkagum melihat keindahan, seperti saya.

Setelah puas diam dan mengamati, serta bingung dan bersyukur atas karunia yang baru disaksikan, saya lalu mulai berjalan menyusuri pantai itu dengan kaki telanjang sembari memegangi handycam dan menenteng sandal gunung. Berjalan pelan, merekam, membiarkan kaki basah ditelan air laut yang mampir ke pantai sesekali, mengamati pemandangan alam dan pemandangan manusia. Saya tiba-tiba sudah berjalan sangat jauh.

Saya rupanya telah sampai di pantai lain, saya lupa nama pantainya. Saya lalu duduk tanpa alas, memandangi lautan saja dengan hanya dibatasi kacamata hitam bulat yang saya beli di Malioboro. Sambil menyaksikan anak-anak lokal bermain air di laut saya mengamati kedamaian siang itu, ribuan kilometer dari rumah. Saya lalu berpikir apa rasanya jadi orang yang tumbuh di daerah pesisir, pasti beda kultur dan nuansa sehari-harinya dengan yang saya hidupi.

Siang semakin terik. Saya kembali ke Lasiana sambil tetap berjalan pelan. Sampai di Lasiana, saya memutuskan untuk berenang. Dalam hitungan detik saya sudah basah berenang di tepian Laut Sawu, mencicipi asinnya air laut, mencicipi suasana pantai yang ramai. Saya merendam diri di laut tak terlalu lama. Sambil mengeringkan badan saya mencicipi pisang gepe yang dijual pedagang setempat. Saya lalu tertidur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s