Rumor

Rumor atau gosip adalah hal biasa dalam kehidupan sosial, juga dalam sepak bola. Perkembangan sepak bola sebagai industri, juga perkembangan media komunikasi, menjadikan rumor sebagai bagian integral dalam khazanah sepak bola terkini. Tanpa rumor, sepak bola modern rasanya kurang manis. Ya, rumor bagaikan bumbu yang memberi rasa dan aroma bagi industri sepak bola masa kini.

Kehebohan akibat rumor biasanya paling terlihat pada masa-masa transfer pemain. Media dengan gesitnya berburu berita soal siapa yang pindah, dan kemana tujuannya. Meski belum tentu benar, dan kadang asal berita juga tak jelas, media tak peduli. Rumor dihembuskan lewat berbagai jalur media dan tersebar kepada masyarakat sepak bola. Rumor itu lalu memancing kehebohan lain di diskusi-diskusi penikmat bola. Meski, sekali lagi, belum tentu benar.

Benar atau tidak memang bukan yang utama. Yang penting mungkin hanyalah kehadiran suatu berita yang bisa ramaikan obroloan orang. Dengan rumor, orang memang bisa tambah akrab. Obrolan antarteman bisa jadi lebih panjang. Namun terkadang rumor bisa juga mengecewakan. Rumor yang rupanya sedang berkembang bisa jadi hanya sekedar omong kosong, hanya sekedar rekaan wartawan demi mencari makan.

Tak hanya soal rumor transfer, tiap harinya media sepak bola tak pernah lepas dari rumor dan gosip tentang sepak bola. Tentang taktik pelatih menjelang pertandingan, tentang hubungan antartim, tentang internal suatu tim, tentang hubungan pelatih-pemain, tentang wasit, tentang aturan sepak bola, tentang presiden klub, tentang kondisi fisik pemain, tentang gaji pemain, tentang fans, bahkan tentang kehidupan pribadi pemain atau pelatih. Tentang apapun.

Seperti yang sudah saya sebut di atas, rumor adalah tambahan yang penting dalam mewarnai kehidupan sepak bola modern. Jadi kita tak perlu mempermasalahkan kebenarannya, juga tak perlu menanyakan asal beritanya. Kita nikmati saja ia seperti menikmati senja. Tak perlu terlalu curiga, tak perlu terlalu percaya. Tapi tak apa pula jika kita tak percaya lagi pada rumor karena bosan dibohongi media. Tak masalah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s