Foto

Saya mau cerita soal foto, tapi bukan tentang fotografi yang mungkin akan diceritakan fotografer profesional. Mungkin sama, mungkin tidak. Bahkan mungkin cerita ini adalah cerita yang tak akan pernah keluar dari mulut fotografer yang handal sekalipun. Foto bagi saya adalah soal memori.

Lensa keluar bagai siput keluar dari cangkangnya, lalu perlahan mencari momentum. Dalam hitungan detik kamera menangkap tiap momen ke dalam gambaran dua dimensi yang kaku, tak bergerak. Ya, fotografi adalah seni menangkap momen dan mengurungnya dalam keindahan. Keindahan yang bagi tiap orang mungkin berbeda-beda. Foto ini bagi satu orang mungkin foto yang terbaik, tapi belum tentu bagi yang lain.

Keindahan itu ada dalam tiap orang dan ia diam dalam kebisuannya sendiri. Yang indah itu dipengaruhi banyak hal, dan tentu bukan hanya soal cahaya, warna, dan istilah-istilah fotografi lainnya. Yang indah itu mungkin dipengaruhi oleh fungsi foto sebagai kenang-kenangan, memorabilia. Foto bercerita tentang kenangan yang telah lalu dan untungnya masih bisa hidup dalam kekinian lewat jepretan kamera.

Memori itu mungkin cuma hasil kurungan satu detik momentum. Tapi cerita soal sebuah foto mungkin butuh ribuan kata yang dapat dikisahkan sang tukang potret. Foto yang indah mungkin dikarenakan sebagian dari beribu kata itu. Mungkin karena pengalaman yang harus dilalui untuk mendapatkan foto itu, mungkin karena cerita-cerita lain di luar momen satu detik dalam foto.

Oleh karenanya fotografi bagi saya bukan tentang teknik-teknik memotret yang baik. Saya ragu apa yang baik itu, sama halnya saya ragu terhadap buku-buku bertema “tips hidup sukses”. Baik dan sukses adalah term yang dinamik dimana kekakuan tak ada dalam esensinya. Foto tak harus baik, yang penting ia dapat merekam hal-hal dimasa lalu yang bisa saja terhapus dimakan waktu. Mungkin ia seperti puisi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s