Posmo

Setelah kuliah, kita mungkin lelah, lapar, dan malas. Atau mungkin kita akan lebih banyak berpikir. Mungkin juga bagus tidaknya suatu kuliah dapat ditakar dari sejauh mana pikiranmu tersangkut dalam pemikiran-pemikiran yang tumpah dalam kuliah tersebut. Saya baru saja dituangi ceramah tentang postmodern, dan saya rindu berpikir. Berpikir asal-asalan, berpikir posmo.

Tanpa menjadi teorisi saya bebas cerita soal posmo. Posmo yang ajarkan kita kebebasan dalam berpikir, berteori, berkarya, mungkin juga dalam bercinta. Suatu angin pikiran yang berhembus lembut membelai setiap insan yang rindu akan kemerdekaan yang lama hilang. Suatu kebebasan yang hilang akibat terkekang jeruji-jeruji besi yang berkuasa. Sebuah bentuk tirani diam-diam yang sebenarnya mematikan. Untung ada posmo.

Posmo, suatu kesejukan layaknya myiur di tepian pantai. Pemikiran yang menyatakan jaman berubah. Yang modern harus segera diganti. Postmodern lalu muncul. Ia bebas. Tak seperti modern, ia cenderung tak banyak aturan. Semua sama, tak ada yang benar dan salah. Baginya budaya dan masyarakat adalah arena pertenjukan yang merdeka, tanpa tali kekang secuilpun. Narapidana bersukacita.

Merasa telah keluar penjara, ekspresi tumpah ruah dimana-mana. Semua kreasi dari padang pikiran tumpah luber tanpa pikir. Orang berpikir sesuka otaknya, melukis terserah tangannya, menyanyi sesuka mulutnya, bergaya sebebas-bebasnya. Posmo hadirkan warna-warni yang selama modern hanya semu. Dunia lebih meriah, manusia tampak lebih gagah.

Posmo punya mimpi. Keragaman dan perbedaan jadi biasa. Toleransi tumbuh tinggi menjulang. Manusia menghargai setiap perbedaan yang ada, termasuk menghargai orang yang tak mau menghargai perbedaan. Pertanyaannya lalu, bisakah cita-cita postmodern eksis di negeri ini, dimana keberagaman jadi ciri, tapi perbedaan justru bikin ngeri?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s