Waktu

Entah demi alasan apa kita mengkotak-kotakkan waktu yang harusnya mengalir bagai aliran kali. Di dalam kotak-kotak itu waktu terpenjara dalam kebisuannya sendiri. Ia dijerat ke dalam suatu bentuk peradaban manusia, ke dalam rasionalitas yang berkembang terus. Kita hidup dalam waktu, dan waktu takkan kemana-mana,  dia akan selalu ada bersama kita. Lalu kenapa harus ada kalender, jarum jam, angka-angka penunjuk waktu?

Yang lalu, kini, dan masa depan adalah satu. Semuanya adalah arus aliran yang sama dalam sungai yang tak punya hulu dan tak bermuara dimana-mana. Kita saja yang untuk kemudahan hidup lalu menjadikan waktu dalam ukuran-ukuran. Waktu jadi tak seperti sungai lagi. Kita telah meringkusnya ke dalam kotak-kotak kepentingan kita. Atau kita gantung di ujung jarum jam untuk beri tahu kita kapan waktunya bangun, makan, dan tidur lagi.

Ya, waktu yang tadinya bebas, kini tak lagi. Ia terpenjara. Tapi anehnya dia juga memenjara kita. Dengan kotak dan hitungan waktu yang kita buat sendiri, kita terperangkap juga ke dalam kotak-kotak yang kita buat untuk waktu. Kita kehilangan kemerdekaan, hidup kita diatur oleh apa yang dikatakan kalender di dinding lusuh, dan oleh arloji yang berisik mengingatkan untuk berbuat ini dan itu.

Waktu terpenjara dan memenjara. Sekarang apa yang harus kita perbuat? Membiarkan waktu tetap mendekam dalam penjara kalender? Membiasakan diri kita dipenjara oleh sekat-sekat waktu? Membuat semuanya seperti tak apa-apa padahal ada apa-apa? Kita lalu hanya bisa diam. Kita tahu kita susah melawan keadaan, apalagi tradisi soal waktu. Waktu tetap diam dalam kotak, kitapun bisu diperintah waktu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s