Mahasiswa

Kita  adalah mahasiswa. Kita adalah korban perang. Mahasiswa adalah korban perang. Ya, kitalah korban perang pemikiran. Korban perang pemikir-pemikir yang satu sama lain saling berdebat, berargumentasi, mengkritik satu sama lain. Entah untuk alasan apa, merekalah yang kita hidupi di ruang kuliah. Membaca suatu literatur ilmiah ibarat membaca kisah perang besar.

Mereka mungkin mencari kebenaran lewat ilmu pengetahuan. Tapi ternyata perselisihan mereka justru menguak ide bahwa kebenaran ternyata urung didapat lewat pengetahuan. Nyatanya dari generasi ke generasi para pemikir tetap memperdebatkan berbagai hal, membuat kebenaran jadi semakin tak jelas. Ilmu yang semula ingin dijadikan alat mencari kebenaran justru melarikan kebenaran itu jauh, entah kemana.

Dan sekarang  ilmu bukan sebagai ajang pencarian kebenaran. Ia telah gagal. Namun karena terlanjur membanggakan dirinya sebagai alat menemukan kebenaran, ilmu tak mau malu. Kebenaran tetap gagal dicari, sebagai gantinya ilmu dimodifikasi. Ilmu kini jadi alat pencari pembenaran. Pembenaran bukanlah kebenaran. Pembenaran hanyalah ketidakbenaran yang dianggap benar. Dan itu jugalah yang kita hidupi di sudut-sudut universitas.

Kita sibuk dibuai cerita-cerita hebat dengan konsep-konsep keren yang didengar dari dosen dan diskusi kosong. Juga yang terbaca dari literatur berbahasa asing yang terbang jauh dari negeri asalnya. Terhipnotis, kita mungkin nantinya juga akan menjelma menjadi pemikir-pemikir. Suatu waktu kita mungkin juga ikut berperang. Berpikir, mendebat, mengkritik, berargumen. Dari korban kita akan jadi tentara perang. Menciptakan korban perang yang baru.

Ah sudahlah saya tak tau sedang meracau apa. Ini mungkin suatu bentuk kecewa karena dipenjara dalam universitas. Suatu penjara yang mewah, penuh doktrin megah. Atau saya telah lelah bangun pagi tiap hari hanya untuk dibohongi. Mendengar celoteh tentang dusta yang dihias indah. Cukup sudah, siapapun tolong hentikan perang ini!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s