Baduy

Baduy adalah sebuah cerita tentang simplisitas kehidupan. Lawan sejati bagi kehidupan modern yang memuakkan. Baduy bagi saya adalah tempat belajar untuk memaki dan meludahi modernitas, tempat dimana kedamaian yang ugahari terpampang jelas. Dan perjalanan kesana adalah perjalanan yang tak mudah, seperti tak mudahnya kita melawan arus perkembangan jaman.

Ke Baduy ibarat sebuah perjalanan menuju pembelajaran akan gaya hidup yang lain, yang berbeda. Disini perkembangan jaman memang ditemukan, tak terelakkan. Namun keracunan akan efek modernisasi dapat diminimalisir dengan apik. Masyarakat Baduy seolah mengajari bahwa kebahagiaan tak hanya bersumber dari caramu mengikuti jaman, tak hanya dari materi. Seperti juga kata Chris McCandless, Tuhan menaruh kebahagiaan dimanapun.

Dari masyarakat yang agak primitif itu, kita menaruh simpati. Kita juga mungkin iri. Atau kita kecewa, bukan pada mereka tapi pada kita sendiri. Pada hidup kita yang mewah dan serba berlebihan, yang penuh detil-detil memusingkan, pada harapan dan cita-cita hidup yang terlalu tinggi, hingga kenikmatan hidup seperti tak pernah dicicipi. Falsafah hidup Baduy mengajarkan sesuatu.

“Panjang tak boleh dipotong, pendek tak boleh disambung. Lebih tak boleh dikurang, kurang tak boleh ditambah.” Ya, mereka menjalani sebuah model kehidupan yang apa adanya, sederhana, dan sewajarnya. Tak lebih tak kurang. Segalanya harus pas, dan alami sedari asalnya. Itu juga yang mereka amalkan terhadap alam. Mereka jaga alam dengan semangat menjaga agar tetap apa adanya.

Dua belas kilometer menuju Baduy Dalam memang bukan sekedar wisata untuk menghilangkan penat akan kota dan kesibukan. Setiap kilometernya mengajarkan sesuatu, dan tiap sesuatu itu bermakna. Meski kadang saya berpikir bahwa keaslian Baduy agak cemar dengan wisatawan macam kami, tapi toh orang-orang polutif seperti kami butuh untuk diajari bahkan dibentak. Dari Baduy saya bawa sebuah oleh-oleh yang tak ternilai, bekal untuk jalani kehidupan selanjutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s