Desember

Desember katanya damai. Meriah. Penuh merah dan hijau. Masa Natal tiba, masa penuh sukacita datang. Desember, sehabis hujan, adalah saat paling disuka. Mungkin itu bagi Efek Rumah Kaca. Mungkin juga bagi kita. Mungkin iya, mungkin tidak. Desember jelas punya makna yang berbeda. Berbeda dibanding sebelas bulan lain, dan berbeda-beda bagi tiap manusia. Bagi saya Desember berarti sibuk.

Sibuk, lebih sibuk dari bulan lainnya. Waktu yang mengemas beragam kepentingan genting jadi satu. Antara Natal dan akhir semester. Juga bayangan liburan. Semua ditumpuk dalam 31 hari dalam Desember. Natal sudah jelas berarti penuh acara-acara. Dari yang jelas sampai yang tidak, dari yang religius sampai yang hanya sekedar pesta. Akhir semester berarti ujian akhir, plus tugas-tugas akhir berupa lembaran-lembaran makalah yang justru jadi masalah

Bayangan liburan? Ini yang paling disuka dan menggairahkan dari Desember. Saat-saat menjelang liburan selalu menggemaskan. Satu sisi ingin segera pergi memanjakan diri keluar dari rutinitas. Di sisi lain, masih ada hal-hal yang harus selesai sebelum benar-benar merasakan liburan. Salah satunya ya urusan akademis. Beserta segala tetek bengeknya, kuliah yang terlanjur dijalani mesti dilakukan sebagai prioritas nomor satu.

Jadi sebelum membiarkan kaki disapu ombak, atau sebelum menginjak jalan-jalan kota asing, urusan kuliah harus beres dulu. Ujian selesai, tugas selesai. Barulah pergi, jauh, entah kemana. Selama liburan nantinya, pikiran juga kadang diganggu bayangan semester depan. Menyusun rencana, memilih mata kuliah, bimbingan, bla bla bla. Tapi sudahlah, hal-hal itu jangan jadi fokus pikiran selama masa liburan. Nikmati secara penuh.

Urusan akademis nanti akan datang juga. Dan akan kita selesaikan juga pada akhirnya. Seperti di Desember ini. Jadwal ujian dan makalah memenuhi isi otak. Pohon Natal sesekali memberi terang mendamaikan hati pikiran. Momen Natal selalu bisa mendamaikan, meski dalam situasi dipepet beban kuliah. Kidung Natal jadi selingan merdu sepanjang perjalanan menuju kelas ujian. Mendamaikan, menegangkan. Setelah Desember? Bebas!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s