Lennon

John Lennon adalah sebuah fenomena internasional yang abadi. Mendengar namanya orang tak akan luput dari nama lain, The Beatles. Band rock asal kota Liverpool yang lagu-lagunya masih sangat sering terdengar dan diperbincangkan orang-orang dari seluruh dunia pada masa sekarang. Lennon bersama Paul McCartney, Ringo Starr, dan George Harrison mengembangkan Beatles dari tadinya bukan siapa-siapa menjadi legenda dunia sepanjang masa.

Dan, Lennon bisa dibilang cukup sentral di Beatles. Sebagai vokalis dan penulis lagu utama, juga dengan gitarnya, Lennon seolah roh bagi melodi-melodi yang dihasilkan Beatles. Tentu tanpa mengenyampingkan peran-peran anggota Beatles lainnya. Lennon juga yang menjadi awal bagi kelahiran The Beatles. Ia tadinya bermain dalam bersama bandnya The Quarrymen. Satu per satu dia mendapatkan McCartney, Harrison, lalu Ringo Starr yang masuk sebagai pengganti Pete Best, drummer sebelumnya.

Lennon ialah pemberontak tulen. Seseorang yang antikemapanan dan dengan segala daya upayanya berusaha mendobrak kemapanan tersebut. Dia tampil dengan gagah untuk bisa merusak hegemoni musik dunia yang terkesan statis dan itu-itu saja. Menyajikan musik yang lalu terkenal di seluruh dunia dengan sebutan rock. Gebrakan Lennon benar-benar menggoncangkan dunia. Kehebatan Beatles yang bubar pada 1970, masih terasa sampai sekarang, dan kapanpun.

Dengan segala pesonanya, Beatles masih menyimpan penggemar-penggemar fanatik. Penggemar-penggemar yang bahkan mungkin lahir setelah bubarnya mereka. Beatles juga jadi salah satu pengaruh terbesar bagi band-band di seantero dunia. Pengaruh Beatles dijamin kekal. Orang-orang sampai selamanya akan selalu mendengarkan musik mereka, meski usia mereka sebenarnya telah berakhir jauh-jauh hari. Berakhir karena perseteruan antara Lennon dan McCartney. Konflik yang menyudahi Beatles, meski tak benar-benar menyudahinya.

Setelah Beatles bubar, Lennon memutuskan untuk bersolo karir. Selama karir solonya dia sempat menoreh beberapa catatan emas. Salah satu yang tak akan dilupakan orang adalah karyanya berjudul Imagine. Lagu yang disebut-sebut sebagai himne perdamaian dan antiperang. Juga lagu lain yang berjudul Give Peace A Chance. Lennon ternyata mencintai perdamaian meski jiwanya pemberontak. Saya jadi ingat dengan sosok Bob Marley. Bagi saya, sosok keduanya sekilas mirip. Sama-sama pemberontak, dan sama-sama pecinta perdamaian.

Usia Lennon tak panjang. Sepuluh tahun setelah Beatles bubar, Lennon meninggal. Ia meninggal dengan cara ditembak oleh penggemarnya yang gila di depan tempat tinggalnya di New York. Lennon mati, tapi namanya masih hidup hingga kini. Menjadi inspirasi musisi-musisi dunia, anak-anak kecil yang bermimpi menjadi bintang, dan seluruh orang yang ingin berontak dari kehidupan yang membosankan. Dan karena hari ini adalah tepat peringatan ulang tahunnya yang ke-70, saya tentu ingin juga mengucapkan: selamat ulang tahun, Lennon!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s