Toraja

Dimana orang mati dan kuburan jadi wisata? Mungkin Toraja. Terletak di dataran tinggi di Sulawesi Selatan, berjarak kurang lebih 9 jam perjalanan darat dari Ujung Pandang. Toraja jadi tempat dan waktu yang tepat untuk belajar memaknai kematian dengan berbeda. Belajar bahwa waktu dan hari-hari kehidupan adalah jalan yang pilu sebelum ujung takdir membunuh kita dan membuat kita hanya jadi tontonan yang diberi tepuk tangan.

Dengan menelan rupiah yang tak sedikit, suku ini menggelar upacara kematian yang megah. Namanya Rambu Solo. Terdiri dari rangkaian-rangkaian acara yang kadang sulit dipahami, tapi ya begitulah adatnya. Acara adat paling terkenal di Toraja ini butuh kerbau dan babi-babi untuk dipotong dengan keji, sebagai rangkaian upacara. Binatang-binatang itu ada yang disediakan tuan rumah, ada juga yang dibawa oleh tamu undangan. Biasanya kerbau atau babi dari tamu akan dihitung sebagai utang oleh keluarga yang punya hajatan.

Tempat menaruh mayat orang Toraja juga jadi hal yang unik. Dulu, ditaruh di gua-gua megalit besar yang memang banyak dijumpai di Tana Toraja. Kepercayaan adat yang mendasari hal ini adalah, semakin tinggi menguburkan orang berarti semakin dekat dengan Tuhan atau dalam religi setempat disebut Puang Matua.  Biasanya pula, semakin tinggi seseorang dikubur semakin tinggi pula statusnya dalam masyarakat. Yang juga menandakan status sosial adalah jumlah tanduk kerbau yang terdapat di rumah adat atau disebut Tongkonan.

Seiring perkembangan rasionalitas, kebudayaan suku Toraja semakin luntur sama seperti kebudayaan-kebudayaan lain di seluruh dunia. Namun begitu, keunikan budaya Toraja tetap jadi pesona yang tak tertahankan bagi setiap turis yang datang. Ditambah dengan iklimnya yang khas iklim pegunungan, Toraja jadi cerita yang menarik untuk melihat-lihat Indonesia yang lain. Plus dengan pelajaran berharga tentang kematian. Melihat kematian dari sudut pandang orang Toraja adalah melihat kematian sebagai sebuah syukur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s