Apa Arti Hidup Ini?

Di suatu pagi, di sudut teras, saya terpikir pertanyaan klasik “apa arti hidup ini?” Pertanyaan yang jawabannya tak sesimpel mempertanyakannya. Pertanyaan yang saya pikir akan tetap abadi, pertanyaan tua yang rumit. Dan untuk menjawabnya, berpikir kadang tidak cukup. Ditambah pengalaman pun belum tentu cukup. Yang diperlukan kadang hanya sebuah tanda tanya baru.

Tak semua pertanyaan perlu jawaban. Dan mengutip kata-kata tante saya sendiri, “banyak pertanyaan dalam hidup yang lebih indah tanpa jawaban.” Ya, saya jadi yakin pertanyaan yang klasik itu sebenarnya tak butuh jawaban. Yang dibutuhkan adalah mempertanyakan lagi, atau sama sekali diam. Tapi itu keputusan masing-masing orang yang dihantui pertanyaan itu. Silahkan bagi yang ingin menjawab, semoga tak dihantui sampai kedua kalinya.

Dan karena pagi itu adalah pagi yang cukup sibuk, saya beruntung karena dapat tenang lebih cepat. Yang menenangkan adalah ingatan saya akan rangkaian kata-kata Kant, “pagi bukanlah rangkaian repetisi.” Jadi ketika pagi itu saya bertanya tentang arti hidup, itu adalah pertanyaan yang wajar dilontarkan setiap harinya. Karena setiap matahari tiba berarti itulah hidup yang baru. Ternyata hidup tidak hanya sekali.

Pagi itu saya tidak menjawab. Saya bergegas kembali ke dalam rumah dan bersiap untuk kuliah. Pertanyaan itu mungkin masih tertinggal di dekat teras atau tersangkut dalam rutinitas saya. Tapi saya tak akan menjawabnya sebelum benar-benar yakin. Untuk saat ini, jika ada yang menanyakan saya “apa arti hidup ini?”, saya akan menjawab “apa arti hidup ini.”

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s