Masa Kecil

Masa kanak-kanak adalah masa yang tak terlupakan, ingin selalu diulang. Setidaknya buat saya. Masa yang telah lama berlalu tapi masih lekat di ingatan. Masa ketika beban pikiran nol, hari-hari diisi hanya dengan keceriaan dan kebahagiaan. Belum kenal kesedihan, apalagi kerasnya kehidupan yang sebenarnya. Masa kecil adalah masa paling berbahagia bagi kebanyakan orang.

Beranjak remaja dan kemudian dewasa, kita akan semakin tau rasa kehidupan yang sebenarnya. Yang waktu kecil tak pernah terpikir apalagi terbayangkan, tak peduli. Rasa kehidupan itu pula yang menyadarkan kita bahwa kita semua rindu menjadi anak kecil, yang polos, yang hidup tanpa beban pikiran. Tapi bagaimanapun kehidupan bergerak maju, masa kecil sudah lalu berganti dengan masa menjadi manusia seutuhnya, berdiri di atas kaki sendiri. Saya hampir.

Jika dilihat memang tak semua anak kecil bisa mengalami masa yang ideal dalam kehidupannya sebagai anak kecil. Banyak juga yang sudah sejak dini menanggung beban kehidupan yang berat, dukacita, dan telah merasakan apa hidup yang sebenarnya. Banyak juga anak yang sejak kecil telah diajari menjadi dewasa hingga kehilangan masa kecil yang sebenarnya. Orang tua terlalu menyetir macam-macam sesuai keinginannya hingga lupa anak kecil adalah sebuah perbedaan, perlu kebebasan, tak laiknya orang dewasa yang telah terpenjara kehidupannya sendiri.

Lalu bagaimana mengatasi kerinduan masa kecil? Atau harapan menjadi anak kecil lagi? Tak ada solusi. Rindu hanyalah rindu. Harap hanyalah harap. Kita hanya bisa mencoba untuk mengenangnya sebentar, bermimpi tentangnya sambil berharap tak terbangun. Tapi kenyataan toh selalu menyeret kembali. Kenyataan yang tak seindah masa kecil, kenyataan yang harus tetap dinikmati bagaimanapun keadaannya. Saya rindu menjadi anak kecil, yang ketika ingin tidur tak perlu berpikir besok hari apa dan harus apa.

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s