Tahun Kedua

Tinggal seminggu lagi liburan usai. Dan kenyataan siap menjemput, kenyataan bernama kuliah dan embel-embelnya. Kehidupan kampus yang padat dan penuh beban akan hadir. Tugas-tugas menyiksa dan belum lagi kegiatan-kegiatan penunjang lainnya yang tentu berbeda dari masa liburan. Dan ini tahun kedua.

Tahun pertama yang berisi dua semester telah berlalu, dengan cukup baik dan memuaskan. Tergantung siapa yang menilai, tapi bagi saya ya seperti itu. Semua hal relatif. Dua semester yang menghantar saya pelan-pelan ke hari-hari lanjutan di bangku kuliah, yang pastinya lebih berat. Masa pengenalan dan penyesuaian telah usai lama, berganti dengan masa menjadi mahasiswa yang sesungguhnya. Berkutat dengan esai-esai, buku-buku setebal batako, dan mulai berpikir tentang skripsi.

Tahun kedua yang menjelang ini dimulai dengan status mahasiswa baru yang tersingkir seiring kedatangan mahasiswa baru angkatan selanjutnya. Ya, junior. Kalau begitu saya sudah jadi senior sekarang, memiliki junior. Tapi apalah artinya senioritas selain jadi hiasan kuliah, untuk hiburan dan cerita di kala kuliah mulai dianggap sebagai kesalahan. Junior adalah keluarga baru, semoga. Untuk berbagi cerita, suka, dan duka, atau apapun. Yang jelas mereka akan jadi bagian tambahan dalam usia kehidupan yang entah sampai kapan ini.

Saya tentu belum tau pasti seperti apa jadinya tahun kedua itu. Tapi semoga sikap dan sifat saya tetap terjaga dalam mengarungi semester-semester di depan. Berkuliah dengan santai, tanpa beban, mengalir apa adanya. Jika itu tak terlaksana dan saya mulai dibikin pusing, saya tetap percaya keaslian sikap dan sifat itu akan kembali pada saat yang tepat, menenangkan dan membisikkan saya untuk tetap santai. Selamat datang tahun kedua, temui saya di sudut kelas!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s