Era yang Mati

Kurang beruntung atau memang sial kita meninggali sebuah era kehidupan yang sesungguhnya tak lagi eksis, mati. Mati tapi belum mau terkubur, hanya pura-pura hidup. Era yang punya nama berbeda-beda, tergantung siapa yang melafalkannya. Ada yang sebut globalisasi, atau modernisasi, atau westernisasi, atau apapun. Entahlah.

Jaman dimana semua sama. Mungkin tak sama semua, tapi sulit dibedakan. Sama saja. Tuntutan akan menjadi sama adalah pembentuknya. Harapan untuk disamakan dengan sekitar adalah faktor lainnya. Tak masalah orang menanggapi apa terhadap era yang satu ini, saya cenderung pesimis dan skeptis. Tentu ada alasan yang mendasari setiap anggapan, setiap pikiran yang menggelayut.Era ini adalah era yang sarat aroma perbudakan. Lebih kejam dari perbudakan di masa lampau, tidak membunuh tapi menyayat tajam. Perbudakan disini berkaitan dengan tuntutan untuk sama seperti telah ditulis di atas. Dimana ada sebuah kekuatan besar tak terlihat yang sanggup menyetir setiap orang, baik pro maupun kontra, untuk berperilaku atau berdandan atau memiliki sesuatu yang sama dengan orang-orang lain. Pada akhirnya semua orang melakukan hal senada, jadilah suatu kehidupan yang membosankan dimana semua sama atau mirip, sedikit atau tak ada yang berbeda.

Tuntutan tadi mungkin berasal dari negeri awan yang tinggi, mungkin dari bawah tanah tempat tak terlihat. Mungkin dan lebih realistis berasal dari bawah langit dan di atas tanah. Berasal dari masyarakat yang menghidupi kehidupan. Masyarakat yang berpikiran modern dan kaku. Simpel tapi tak sederhana. Masyarakat yang enggan disebut kuno, masyarakat yang berkebutuhan untuk diakui eksistensinya. Dan untuk bisa eksis itulah perlu semacam alat-alat untuk diakui orang lain. Mungkin berupa kemewahan yang terlampir dalam barang-barang yang tak murah. Dan era yang mati ini perlahan pun akan membunuh orang-orang yang haus akan nilai-nilai yang salah, sebelum akhirnya kejenuhan merebak dan akhirnya era ini akan benar-benar mati.

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s