Jalanan

Jalanan adalah sajian kenyataan yang jujur, polos apa adanya. Disitulah tempat kemanusiaan teruji, tempat sosial yang sebenarnya, dan saksi nyata kekejaman hidup. Di pinggir jalanan mungkin berdiri kemegahan-kemegahan produk globalisasi dan modernisasi. Tengok ke bawah kolong jembatan, disitulah letak korbannya. Jalanan adalah ironitas yang mengesankan tentang kehidupan, tentang manusia dan manusia lain.

Jalanan mengajarkan lebih banyak hal ketimbang ruang kuliah yang dilengkapi fasilitas berkelas. Jalanan adalah rumah bagi siapapun pencari jati diri dan arti hidup. Jalanan adalah guru yang baik bagi mereka yang rindu untuk bersyukur atas karunia hidup. Jalanan adalah pemberi rupiah bagi mereka yang membutuhkannya. Jalanan adalah kemasyhuran bagi para elit namun kesengsaraan bagi sang pemilik sebenarnya. Jalanan adalah tempat bersuara menuntut pembenaran dari penguasa. Jalanan adalah kanvas yang baik bagi pelukis-pelukis kehidupan, penghias kehidupan yang abu-abu. Jalanan menceritakan dengan lirih tentang kriminalitas, tentang orang yang memakan orang lain. Jalanan juga tempat mengutuk orang lain karena menggangu perjalanan, atau mungkin dimana aparat bisa memeras rakyat yang menggajinya. Jalanan penuh dengan arti, tergantung memandangnya dari atas atau bawah, dari kanan atau kiri.

Jalanan menjadi sarana yang menghubungkan orang dengan keluarga atau temannya. Sebuah model yang sempurna bagi kemudahan akses, instan. Kepentingan akan arus mobilitas manusia membuatnya. Kebutuhan akan kecepatan dan efektivitas menjadikannya. Jalanan adalah roh bagi kehidupan di dunia dewasa ini. Inti dari pagi siang dan malam hari. Di atasnya berjejer mobil-mobil mewah, contoh lain dari kebutuhan akan hal yang instan dan serba cepat. Entahlah bagaimana jalanan berperan, yang jelas tanpanya kehidupan tak ada dan kematian akan itu-itu saja.

Advertisements
Posted in ide

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s