Sebelas Menit

Novel karya Paulo Coelho. Sebelas Menit menceritakan tentang petualangan seorang pelacur Brazil bernama Maria. Kehidupan yang keras dan menyiksa di Brazil memaksanya untuk melacur, meski awalnya dia tidak sama sekali berniat menjadi seorang pemuas nafsu lelaki hidung belang. Petualangan Maria tak bisa terlepas juga dari jiwanya yang ekstrim dan kelaparannya akan esensi petualangan, kenikmatan dari bahaya, dan tantangan yang selalu dihadapkan pada dirinya.

Kisah berawal dari jalanan kumuh Brazil kemudian berlanjut jauh ke sebuah pantai di negara Amerika Latin tersebut dimana Maria yang sedang menikmati waktu bersantainya bertemu pria yang menawarinya untuk bekerja di Swiss. Kisah akhirnya benar-benar membawa Maria ke Swiss, tepatnya Jenewa, meninggalkan kehidupan yang serba susah dan menyedihkan di Brazil. Sesampainya disana, Maria akhirnya disadarkan situasi bahwa sebenarnya dia dibohongi. Alih-alih mendapat pekerjaan halal yang dijanjikan, Maria justru disuruh menjadi seorang penari telanjang, penghibur pria yang haus akan seks, pelacur. Dia menolak tegas dan memutuskan mencari pekerjaan lain meski kini dia benar-benar sendiri, tanpa pegangan. Sampai akhirnya waktu berlalu dan dia kehabisan uang dan dia memutuskan dengan penuh pertimbangan untuk menjadi seorang pelacur dalam setahun, mengumpulkan uang, pulang ke Brazil dan membangun kehidupan yang lebih baik disana bagi orang tua dan dirinya pribadi.

Dia mulai menjajakan diri di sebuah bar tempat pelacur-pelacur mengais uang. Meski awalnya ragu, Maria bertekad bahwa apa yang dilakukannya adalah demi suatu tujuan yang baik. Maria terbukti seorang petualang sejati. Dalam kehidupan sebagai pelacur dia kaya akan petualangan seks yang menggelora. Dia menikmati menjadi pelacur meski tanpa menikmati seks yang dilakukannya. Sampai akhirnya dia bertemu dengan seorang pelukis eksentrik yang mencintainya. Pertemuan di sebuah kafe berlanjut pada sebuah relasi yang serius, berlandas cinta. Pelukis ini juga yang pada akhirnya bisa membuat Maria puas pada suatu adegan seks. Mereka berdua benar-benar saling mencintai dengan keunikan latar belakang yang membedakan. Pelukis ini adalah pelukis berskala internasional dan Maria hanya pelacur Jenewa. Perbedaan status sosial rupanya tidak bisa menenggelamkan cinta mereka. Kisah berakhir indah bagi keduanya dengan sentuhan penulis yang tak terduga.

Sebelas Menit adalah novel berbau seksual yang berbeda. Penggambaran seks disini sangat indah dan sama sekali tak terasa tabu. Unsur pendidikan seks banyak dilampirkan di sepanjang cerita. Selain itu, karakter Maria yang kompleks seolah membawa pembaca mendalami karakter tersebut. Sebuah novel tentang petualangan, petualangan cinta dan seks, petualangan dalam menghidupi hidup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s