McCandless

Christoper Johnson McCandless. Pemuda eksentrik yang fantastis, meski dia juga bodoh. McCandless yang lahir dan besar dari keluarga berada justru lebih menginginkan kehidupan yang serba terbatas dengan tantangan-tantangan yang tak terduga.

Dia membuang mobil Datsun antiknya dan membakar seluruh uangnya demi mendapat kepuasan batinnya menjelajahi Alaska, seorang diri. Pengagum karya-karya Thoreau dan Tolstoy yang jelas terbawa dalam setiap kisah dan tulisan yang digoreskan dua penulis kenamaan tersebut.

McCandless lalu mengubah namanya menjadi Alexander Supertramp. Hal ini dilakukan demi menghilangkan identitasnya.  Sebelum benar-benar memasuki medan Alaska, Alex sempat bekelana menyusuri Amerika kemanapun angin membawanya. Ketika hasratnya tak tertahankan lagi untuk mencicipi Alaska yang jahat dia pun dengan gagah berani masuk ke dalam keliaran Alaska.

Petualangan Alex selama hampir dua tahun di jalanan dan di Alaska sungguh mencengangkan. Dia tegas mencari apa yang diinginkannya sebagai kompensasi kehidupannya di bangku kuliah yang mungkin menyiksanya, meski dia mahasiswa yang pandai.

Dia berani keluar dari kenyamananya sebagai pemuda cerdas bermasa depan cerah dan memasuki kehidupan lain yang seratus delapan puluh derajat berbeda. Kehidupan liar yang penuh keterbatasan dengan bahaya mati selalu mengancam, kehidupan yang disukai dan memang diinginkannya.

Sedikit kecerobohan ternyata benar-benar membunuh Chris di Alaska, dia mati kelaparan setelah gagal menyebrang sungai ketika hendak menyelesaikan petualangannya. Di akhir hidupnya yang sulit dia sempat menulis happiness only real when shared.

Ini menunjukkan bahwa ternyata kebahagiaan yang hendak dicarinya dengan petualangan seorang diri itu tidak dapat menjamin sebuah kebahagiaan, dia akhirnya mengakui sendiri bahwa kebahagiaan akan nyata bila dibagi dengan orang lain. Meski untuk mendapatkannya perlu dicari seorang diri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s