Che Guevara

Selepas membaca buku tentangnya saya tersentak mendapati fakta yang belum pernah saya dengar atau lihat. Ternyata dia mati ditembak, baru tahu. Seorang revolusioner Argentina yang hebat yang rela mencucurkan darahnya demi negara orang lain, Kuba. Hebatnya tak hanya Kuba.

Dia juga rela berjuang total demi Kongo, juga Bolivia, tempat dia menarik nafas terakhirnya. Saya tak habis pikir apa yang ada diotaknya. Terlebih lagi dengan fakta bahwa Che, yang juga seorang dokter, ternayata mengidap asma sejak kecil. Sangat riskan tentu berperang dengan penyakit seperti asma.

Mungkin dia tipe orang yang menentang tegas kekuasaan-kekuasaan yang sewenang-wenang, dia juga bukan tipe orang yang hanya diam menunggu namun lebih suka bertindak segera. Revolusi adalah kata yang sangat erat dengannya. Dia pernah bilang, “revolusi tidaklah seperti apel yang jatuh ketika telah matang, kita yang harus membuatnya jatuh.”

Sedikit bingung kenapa tampaknya hanya Che dan Fidel Castro yang paling tenar perihal revolusi Kuba, padahal ada tokoh-tokoh lain yang tak kalah penting. Fidel memang pantas karena dia kepala dari semuanya. Tapi Che tampaknya setara dengan kapten-kapten revolusioner lainnya. Saya tak mengerti. Mungkin karena dia orang Argentina, mungkin juga karena dia mati.

Tapi terlepas dari semuanya harus diakui Che adalah pribadi tangguh yang sangat memegang teguh prinsipnya. Seorang pemberontak yang rela mati demi apa yang dia inginkan: revolusi. Sebelum mati dia sempat berpesan pada Castro bahwa kematiannya tidak berarti revolusi akan berakhir, justru dia mempercayai di seluruh belahan dunia manapun revolusi akan terjadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s